Blog

6

Jan

2021

42 bumbu praktis siap pakai yang bisa kamu temui di Toserba Gading

Postingan Oleh Toserba Gading
 
 
 
 
Seringkali kamu menghabiskan waktu yang lama untuk menyiapkan bumbu dapur seperti memotong dan menghaluskannya. Hal ini membuat waktumu terbuang dan tidak praktis. Taukah kamu,Toserba Gading Serpong telah menyediakan bumbu-bumbu masak siap pakai yang praktis untuk digunakan. Tidak hanya masakan Indonesia, bumbu-bumbu bubuk ini bisa digunakan untuk masakan oriental hingga masakan western.
 
Bumbu Umum
1. Garlic (Bawang Putih)
Garlic powder sebagai pengganti bawang putih basah yang cepat dan praktis. Garlic powder banyak dipakai untuk makanan seperti pasta, pizza, kuah bakso, bumbu tahu petis, koya soto, dan lainnya. Garlic powder juga bisa kamu tambahkan ke dalam berbagai macam makanan ringan seperti kentang goreng dan singkong goreng.
 
2. Onion (Bawang Bombay)
Bubuk bawang Bombay memiliki rasa yang kuat dan bisa digunakan untuk menggantikan bawang Bombay asli. Bawang Bombay ini digunakan pada masakan, snack atau kerupuk.
 
3. Black Pepper (Lada Hitam)
Bumbu tabur ini dapat menambah rasa pedas ke masakan yang kamu buat. Biasanya dijadikan sebagai digunakan untuk masakan sapi lada hitam dan ayam bakar. Selain itu bisa juga sebagai bumbu tambahan pada snack seperti kentang goreng atau singkong goreng.
 
4. Chilli Powder/Flakes (Cabai)
Bubuk cabai biasanya digunakan untuk menambahkan rasa pedas pada makanan. Bisa dicampurkan dengan nasi hangat, sup, atau camilan.
 
5. Ginger (Jahe)
Selain digunakan sebagai bumbu masak, bubuk jahe juga bisa dicampur dengan minuman, teh, dan kopi. Bubuk jahe baik untuk menghangatkan tubuh.
 
6. Leek Flake (Bawang Perai)
Berasal dari daun bawang asli yang digiling kasar. Daun ini biasanya dipakai dalam masakan Indonesia seperti sup, soto, martabak telur atau dapat juga dijadikan bahan tambahan untuk taburan aneka snack.
 
7. Lime Leaves (Daun Jeruk)
Bumbu Tabur Daun Jeruk Flake ini adalah jenis daun-daunan dari tanaman jeruk. Daun ini digiling secara halus dan digunakan untuk berbagai keperluan salah satunya menambah aroma harum dalam masakan.
 
8. Nutmeg (Pala)
Ground Nutmeg atau pala giling biasanya digunakan untuk makanan manis dan gurih seperti saus, kue, pudding ataupun custard. Selain itu juga digunakan untuk beberapa saus seperti saus BBQ dan saus Alfredo.
 
9. White Pepper (Lada Putih)
Lada putih adalah rempah-rempah bercita rasa pedas dan mempunyai warna putih. Lada putih ini biasanya digunakan untuk bumbu dapur untuk memberikan rasa sensasi pedas namun hangat pada masakan. Hampir sebagian besar masakan Indonesia menggunakan lada putih seperti sayur sop, mie goreng, orak arik.
 
10. Cinnamon (Kayu Manis)
Bubuk kayu manis sangat pas digunakan sebagai penambah rasa dalam masakan sehari-hari, baik itu pada saus, sup, dressing, bahkan minuman. Dengan mengonsumsi produk ini, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat dari kayu manis yang mampu membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol, mengurangi gejala flu, sakit gigi, nyeri pada sendi, dan sebagainya.
 
11. Basil Seeds (Biji Selasih)
Bumbu dapur berbentuk biji kehitaman ini rasanya hampir sama dengan bumbu basil hanya berbeda di tekstur. Jika di rendam bisa dibuat untuk tambahan minuman, isi dalam jely,dan menambah citarasa aroma masakan & hidangan masakan menjadi lebih enak.
 
12. Himalayan Salt (Garam Himalaya)
Berbeda dengan garam dapur, garam Himalaya tidak melalui proses pemurnian sehingga lebih alami. Garam ini berwarna merah muda dan mengandung 80 jenis mineral termasuk zat besi. Garam Himalaya biasanya digunakan sebagai pengganti garam dapur untuk manfaat kesehatan seperti melawan infeksi dan radang pada kulit.
 
 
Bumbu Indonesia
13. Candlenut (Kemiri)
Bumbu tabur kemiri berfungsi sebagai pengental alami dan memberikan warna putih untuk makanan. Biasanya digunakan untuk masakan Indonesia seperti soto, opor, sayur lodeh maupun sambal.
 
14. Cloves (Cengkeh)
Bumbu yang berbentuk seperti tangkai bunga yang kering ini digunakan untuk membumbui daging, membuat kue, hingga minuman. Kegunaannya yaitu untuk menambah aroma dan menghilangkan bau pada masakan.
 
15. Galanga (Lengkuas)
Bumbu tabur ini berfungsi untuk menambah aroma makanan. Lengkuas sering digunakan sebagai bahan utama ayam goreng atau masakan olahan santan seperti kari, opor,rendang.
 
16. Javanese Cardamom (Kapulaga Jawa)
Kapulaga Jawa berwarna putih dan berasal dari dataran pulau Jawa. Cocok digunakan untuk biscuit, pie, sop daging, dan soto.
 
17. Tamarind (Asam Jawa)
Asam jawa giling ini praktis digunakan dan biasa digunakan dalam berbagai makanan dan minuman. Misalnya sirup asam jawa, sayur asem, asem asem dan lainnya.
 
18. Kaffir Lime (Daun Jeruk Purut)
Bumbu tabur daun jeruk purut ini memiliki rasa dan wangi yang sangat khas sehingga sukar dicari penggantinya. Biasanya daun ini digunakan sebagai bahan utama untuk membuat tom yum Thailand dan soto ayam khas Indonesia.
 
19. Lemongrass (Serai)
Serai yang memiliki bentuk asli panjang berlapis-lapis ini digiling dan menjadi bumbu tabur instan siap pakai. Biasanya digunakan untuk menambah aroma pada masakan. Digunakan untuk masakan Indonesia terutama masakan Bali dan sebagai perasa untuk teh dan minuman lainnya.
 
20. Shallot (Bawang Merah)
Bumbu tabur ini memiliki wangi yang kuat dan dapat dijadikan alternatif pengganti bawang merah segar. Memiliki rasa yang mirip dengan bawang Bombay dan bawang putih tapi lebih manis. Bumbu tabur ini dapat kamu gunakan pada masakan Asia, bumbu makannan ringan, dan bumbu dasar merah.
 
21. Bay Leaves (Daun Salam)
Daun salam terkenal dengan keahliannya membuat aroma masakan menjadi lebih wangi. Dengan menggunakan bumbu praktis, daun salam bisa langsung digunakan pada isian ayam atau sapi sebelum dipanggang.
 
22. Coriander (Ketumbar)
Bubuk tabur ketumbar ini praktis digunakan dan tidak perlu lagi untuk digerus. Biasanya bumbu ini digunakan untuk membuat masakan menjadi lebih pekat. Masakan Indonesia yang menggunakan ketumbar seperti ayam bakar, opor ayam, ayam kremes, soto lamongan, dan lainnya.
 
23. Cumin (Jinten)
Bumbu tabur Jinten memiliki rasa pedas dan sedikit rasa lemon yang memberikan rasa hangat. Biasanya digunakan untuk masakan kari, opor atau tumis sayur.
 
24. Black Nut (Keluak)
Biasanya biji Keluak digunakan untuk mengawetkan ikan dan daging. Black Nut atau Keluak merupakan salah satu bumbu yang digunakan dalam masakan olahan daging, rawon, brongkos, dan sambal.
 
25. Turmeric (Kunyit)
Berupa kunyit yang digiling, berbentuk seperti ibu jari dengan warna kuning ke oren-orenan. Kunyit memberikan warna kuning alami pada makanan Indonesia seperti gulai dan rendang.
 
26. Coconut Sugar (Gula Kelapa)
Gurih dan manis adalah dua kata yang mengambarkan bumbu masakan ini. Gula kelapa adalah salah satu bumbu yang paling sering digunakan dalam masakan Jawa seperti Gudeg, Brongkos, Baceman, dan masih banyak lagi.
 
27. Java Turmeric (Temulawak)
Bumbu instan yang berwarna kuning ini bisa langsung digunakan dan kamu tidak perlu menghabiskan waktu untuk memotong temulawak lagi. Bumbu ini bisa digunakan sebagai tambahan makanan, minuman, hingga pengobatan. Temulawak berfungsi untuk melancarkan pencernaan, meningkatkan nafsu makan, hingga meningkatkan stamina.
 
 
Bumbu Western
28. Oregano
Bubuk oregano biasanya digunakan untuk masakan Italia seperti pizza saus pasta dan spaghetti. Oregano bermanfaat sebagai antioksidan, anti bakteri, memperlancar pencernaan dan detoksifikasi tubuh.
 
29. Parsley (Daun Peterseli)
Parsley atau peterseli agak mirip dengan seledri, tapi helaian daunnya lebih keriting dan rimbun. Kegunaannya lebih banyak sebagai campuran saus, sup, kaldu atau garnish pada masakan dan kue favorit kamu.
 
30. Rosemary
Rosemary termasuk jenis tanaman herbal mint yang berasal dari wilayah Mediterania. Bubuk rempah ini memilki rasa hangat dan pedas yang sering digunakan sebagai bumbu marinasi daging ayam dan sapi.
 
31. Thyme (Daun Timi)
Bumbu ini berasal dari daun Thyme asli yang dikeringkan. Daun Timi sering digunakan pada masakan Western untuk menambah rasa pada daging steak dan sup. Seringkali daun Thyme dijadikan sebagai pengganti dari daun rosemary.
 
32. Basil atau Kemangi.
Bumbu tabur Basil berasal dari tanaman rempah-rempah yang digiling secara kasar. Daun ini umumnya disajikan untuk hidangan makanan italia. Sensasi rasa yang ditimbulkan akan menambah aroma masakan. Biasanya disajikan bersama tomat dalam saus pesto, pasta, salad atau pengiring masakan dalam sup atau semur atau juga dapat dijadikan sebagai tambahan untuk taburan didalam aneka snack.
 
33. Paprika
Bubuk paprika memiliki rasa tidak terlalu pedas dengan sedikit rasa manis.. Biasanya digunakan untuk salsa, tortilla,kentang panggang dan masakan Western.
 
34. Cajun
Bumbu Cajun adalah bumbu rempah campuran dari Lousiana Amerika . Cajun terkenal sebagai bumbu masakan yang sangat praktis digunakan. Rempah yang dicampurkan yaitu rempahkering seperti bawang putih, bawang bombay, merica, thye, cayenne bubuk dan garam. Biasanya untuk masakan ayam bakar, udang, kerang.
 
35. Garlic Bread Powder Seasoning
Seperti namanya, garlic bread powder seasoning ini biasa digunakann untuk roti Prancis dan roti biasa. Cara menggunakannya bisa dicampurkan dengan mentega dan dioleskan ke roti.
 
36. Italian Seasoning
Italian Seasoning merupakan campuran aneka rempah kering yang biasa dipakai dalam masakan Italia. Biasanya terdiri dari campuran, sage, thyme, matjoram,oregano dan basil. Bumbu ini bisa dipakai untuk membumbui daging, ikan, kentang untuk sup, stew atau salad.
 
37. Mustard (Moster)
Moster memiliki rasa agak pedas dan menyengat di lidah. Saus Mustard biasanya digunakan sebagai penyedap masakan yang mengandung daging khususnya daging dingin seperti ham. Saus mustard bisa juga digunakan sebagai dressing salad.
 
 
Bumbu Asian Cuisine
38. Star Anise (Bunga Lawang)
Bunga lawang atau pekak termasuk ke dalam Ngo Hiong atau lima jenis rempah masakan Chinese. Bubuk Bunga Lawang ini banyak digunakan di dalam masakan negara-negara Asia seperti masakan Vietnam, Chinese, dan Indonesia.
 
39. Chinese Five Spices (Ngo Hiang)
Bumbu Ngo Hiang terdiri dari 5 macam bumbu khas Chinese. Seperti kayu manis, pekak, merica sechuan, cengkeh dan adas yang dihaluskan. Warnanya kecoklatan dan memiliki aroma yang khas. Bisa kamu gunakan ketika membuat masakan oriental seperti nasi goreng, kwetiau, dan masakan berkecap lainnya.
 
40. Cardamom (Kapulaga)
Kapulaga mempunyai rasa kuat dan menyengat yang dapat memperkuat masakan manis maupun gurih. Kapulaga berperan untuk menghilangkan bau tak sedap dan amis pada daging sapi dan kambing. Biasanya digunakan untuk masakan gulai atau kari.
 
41. Garam Masala
Garam Masala bukan termasuk dalam jenis garam melainkan merupakan racikan rempah khas India. Bumbu ini sering dipakai untuk ayam panggang, kari, dan masakan India lainnya. Garam masala terdiri dari adas, kapulaga hijau, ketumbar, merica hitam,saffron, kayu hitam, dan pala.
 
42. Indian Curry (Kari)
Merupakan campuran beragam bumbu seperti pala, cengkeh, ketumbar, jintan, jahe, kunyit dan cabai. Indian Curry adalah bumbu utama untuk masakan India seperti ayam kari dan korma. Bumbu ini juga cocok untuk aneka sup dan rebusan.